alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sapi Belgia Blue Bernama Dyva Bakal Jadi Indukan Unggulan Indonesia

Andi Ahmad S Selasa, 03 Agustus 2021 | 21:19 WIB

Sapi Belgia Blue Bernama Dyva Bakal Jadi Indukan Unggulan Indonesia
Anak Sapi Belgia lahir di Balai Embrio Ternak (BET) Bogor [Ist]

Sapi jenis Belgia Blue itu langsung diberi nama oleh Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. Nama sapi itu yakni Dyva.

SuaraBogor.id - Anak Sapi betina jenis Belgian Blue lahir di Balai Embrio Ternak (BET), Kementerian Pertanian, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Sapi jenis Belgia Blue itu langsung diberi nama oleh Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. Nama sapi itu yakni Dyva.

Sapi asal Belgia tersebut, akan menjadi indukan untuk pengembangbiakan sapi berkarakteristik unggul di Indonesia.

“Dengan mengucap Bismilah pada hari ini tanggal 3 Agustus 2021 saya beri nama sapi Belgian Blue betina ini dengan nama Dyva. Semoga nantinya bisa menjadi indukan unggul dalam meningkatkan populasi sapi Belgian Blue di tanah air dan meningkatkan daya saing petani kita," ujar Rudy, saat berkunjung ke BET Cipelang bersama Dinas Peternakakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bogor, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Google Indonesia: Produksi Laptop untuk Pelajar Akan Buka Ribuan Lapangan Kerja Baru

Menurut Rudy, sapi Belgian Blue dipilih untuk dikembangkan karena punya karakteristik unggul. Beberapa karakteristik itu di antaranya memiliki otot ganda atau double muscle, temperamen jinak dan mudah dalam penanganan.

"Kami berharap pengembangbiakan sapi jenis Belgian Blue ini menghasilkan daging dengan kualitas terbaik dan tentunya menguntungkan petani kita," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim menambahkan, peternakan bisa menjadi salah satu solusi dalam upaya pemulihan ekonomi yang melemah karena efek pandemi Covid-19. Untuk itu.

DPRD meminta agar Disnakan merumuskan program dan strategi yang tepat dalam menggairahkan bisnis peternakan di Kabupaten Bogor. "

“Banyak pelajaran yang bisa diambil oleh Disnakan agar program kerja di APBD 2022 bisa menggerakkan sektor peternakan. Pengembangbiakkan sapi bibit unggul bisa menjadi alternatif pemulihan ekonomi di tengah pandemi maupun pasca pandemi, karena dengan mengembangkan sapi bibit unggul juga bisa meningkatkan produksi peternak dan menjaga ketahanan pangan kita," kata dia.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Laptop Chromebook Kemendikbudristek untuk Pelajar Versi E-katalog

Adapun Kepala BET Cipelang, Olan Parlindungan mengatakan, sapi yang diberi nama Dyva oleh Ketua DPRD, baru lahir 10 hari yang lalu. Sapi tersebut akan didonorkan kepada peternak sapi untuk dikembangbiakkan di Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait