facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspada! Bendung Katulampa Siaga 4, TMA Capai 100 Cm dengan Cuaca Hujan Gerimis

Galih Prasetyo Jum'at, 15 April 2022 | 20:38 WIB

Waspada! Bendung Katulampa Siaga 4, TMA Capai 100 Cm dengan Cuaca Hujan Gerimis
Kondisi Bendung Katulampa di Bogor, Jumat (15/4/2022) (Ist)

"Hujan gerimis dan bersifat lokal, Kota Bogor hujan tetapi di hulu hujan baru terjadi sore hari dan gerimis,"

SuaraBogor.id - Bogor diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga pada sore hari, Jum'at (15/4/2022). Kendati demikian, tinggi muka air (TMA) Ciliwung di Bendung Katulampa dalam status siaga 4.

Hujan mengguyur Bogor mulai Jum'at siang hingga Jum'at petang. Berdasarkan data Jum'at petang, Bendung Katulampa pada pukul 19:45 TMA di Bendung Katulampa 100 sentimeter (cm) dan TMA Pintu Intake Kalibaru atau Saluran Induk Katulampa TMA hanya 40 cm.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman kepada Suara.com mengatakan, hujan yang terjadi di Bogor hanya sebagian wilayah sedangkan di Puncak, Cisarua yang merupakan hulu Ciliwung hujan baru terjadi pada Jum'at sore, itu pun dengan intensitas ringan atau gerimis.

"Hujan gerimis dan bersifat lokal, Kota Bogor hujan tetapi di hulu hujan baru terjadi sore hari dan gerimis," kata Andi.

Baca Juga: Dorong Gerakan Peduli Lingkungan, Mandiri Group dan PPATK Tanam 1.000 Pohon di Kawasan Katulampa

Namun Andi mengimbau masyarkat tetap waspada lantaran fluktuasi TMA Ciliwung di Bendung Katulampa saat ini sulit diprediksi.

"Kadang hujan deras dalam beberapa menit di Puncak, TMA bisa mendadak naik drastis dari nol bisa langsung ke level 3," pungkasnya.

Sementara itu, dari laporan BMKG cuaca di kawasan Bogor pada Jumat (15/4/2022) malam diprediksi akan hujan ringan dari pukul 19:00 WIB dengan suhu 25 derajat celcius.

Sementara memasuki pukul 22:00 WIB, BMKG memprediksi hujan sedang akan terjang Bogor dan sekitarnya dengan suhu 24 derajat celcius.

Kontributor : Devina Maranti

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Kawasan Puncak, Bendungan Katulampa Siaga Tiga: Warga Bantaran Sungai Ciliwung Diminta Waspada

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait