Dear Wisatawan, Ada Agrowisata Kaki Gunung Salak di Pamijahan, Dijamin Bikin Hati Tenang

Tentunya, hal ini bisa dimanfaatkan untuk wisatawan dari Jabodetabek, untuk mengunjungi wisata alam di Kaki Gunung Salak yang berlokasi di Pamijahan Bogor.

Andi Ahmad S
Kamis, 01 Desember 2022 | 18:52 WIB
Dear Wisatawan, Ada Agrowisata Kaki Gunung Salak di Pamijahan, Dijamin Bikin Hati Tenang
Salah satu tempat wisata Kaki Gunung Salak Pamijahan Bogor [Ist]

SuaraBogor.id - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bhakti Kencana berupaya mengembangkan bisnis agrowisata kaki Gunung Salak di Desa Purwabakti, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tentunya, hal ini bisa dimanfaatkan untuk wisatawan dari Jabodetabek, untuk mengunjungi wisata alam di Kaki Gunung Salak yang berlokasi di Pamijahan Bogor.

Ketua Bumdes Bhakti Kencana, Herdiansyah alias Ayong mengatakan, mulai tahun ini pihaknya membuat perjanjian kerja sama dengan Star Energy Geothermal Salak (SEGS), Ltd dalam membentuk unit bisnis agrowisata seperti atraksi wisata dalam lima tahun ke depan.

"Yang diakomodasi seperti pelatihan pengurus Bumdes, pengurus pengelola pariwisata, pelatihan pengurus home stay, itu dibiayai semua oleh SEGS," kata Ayong.

Baca Juga:Sambut Akhir Tahun, The Village Resort Bogor By Waringin Hospitality Hadirkan New Years Hawaii Night Party

Menurutnya, kerja sama ini bukan kali pertama terjalin. Pasalnya, Bhakti Kencana merupakan satu dari enam Bumdes bentukan perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Salak pada tahun 2018.

"Bhakti Kencana bahkan sempat menerima bantuan berupa mesin pendingin biji kopi dan mesin pengupas kopi basah di tahun 2021, berkat perkembangannya yang melesat cepat dibanding lima Bumdes lain," ujarnya.

Sementara, Head of Policy, Government, and Public Affairs Star Energy Geothermal, Nungki Nursasongko mengatakan, Star Energy Geothermal Salak, Ltd berorientasi pada dampak positif dalam melaksanakan program-program pengembangan masyarakat.

"Semuanya ini untuk menciptakan dan menopang kehidupan dan mata pencaharian masyarakat di sekitar wilayah operasional kami. Kami berharap inovasi ekonomi yang digagas bersama Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bhakti Kencana, Kecamatan Pamijahan ini dapat menjadi inspirasi pengembangan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bogor dan Jawa Barat," kata Nungki.

Seperti diketahui, unit bisnis agrowisata terbaru yang dikembangkan Bumdes Bhakti Kencana adalah Terasering Cisalada. Didirikannya wisata tematik berbasis budaya itu berhasil membuat Desa Purwabakti menjadi tuan rumah Jambore Wisata Desa 2022 yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor.

Baca Juga:5 Negara Teramah di Dunia pada Tahun 2022, Indonesia Urutan Kedua!

Terasering Cisalada menjadi motor baru penghasil keuntungan di sektor pariwisata bagi Bumdes Bhakti Kencana. Hingga kini, Bumdes tersebut tercatat memiliki 16 destinasi wisata yang pengelolaannya melibatkan masyarakat desa.

Lifestyle

Terkini

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menuturkan bahwa pagu anggaran proyek pembangunan GOM Babakan Madang sudah ada di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023

News | 19:45 WIB

Bahkan, Fauzi pun turut menamai brand dagangannya dengan nama Atta Geledeg, yang merupakan plesetan dari halilintar.

News | 16:34 WIB

Dia berhasil diringkus Polresta Bogor Kota lantaran kedapatan mengelola pabrik tembakau sintetis tersebut.

News | 12:29 WIB

Sedangkan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat merilis kerugian negara di pembangunan RSUD Parung ada Rp13 miliar.

News | 12:20 WIB

Ucapan perpisahan itu disampaikan langsung orang nomor satu di Jabar saat menghadiri perhelatan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2023 pada Minggu, 5 Februari 2023.

News | 16:27 WIB

Ia juga menyatakan siap mendukung dan memenangkan Iwan Setiawan di Pilkada 2024.

News | 16:20 WIB

Kemacetan terjadi karena telah banyak pengunjung yang berlalu lalang melintas ke lokasi maupun menyeberang jalan untuk sekedar jajan di pedagang pinggir jalan.

News | 22:42 WIB

Kerja sama ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengkses berbagai kebutuhan di bidang kesehatan.

News | 20:00 WIB

Kecelakaan itu menyebabkan jaur arah menuju Puncak macet total akibat kecelakaan tunggal.

News | 14:57 WIB

Mengutip dari Bogordaily -jaringan Suara.com, berikut ini Profil kades Wiwin Komalasari yang katanya dulunya artis saudara Barbie Kumalasari.

News | 14:36 WIB

Menurutnya, Kota Bogor telah melebihi target cakupan imunisasi campak 9-11 bulan yakni 96,56 persen, sedangkan yang ditargetkan sebesar 95 persen.

News | 11:54 WIB

RPJMD ditargetkan dapat selesai di 2024.

News | 21:04 WIB

Raperda ini diperlukan untuk memaksimalkan persiapan ibadah haji pun pelayanannya.

News | 20:53 WIB

Program yang dilaksanakan di awal tahun, tentunya akan lebih banyak memberi manfaat kepada masyarakat.

News | 16:36 WIB

Video detik-detik tabrakan mengerikan itu terjadi pada Minggu 29 Januari 2022.

News | 15:26 WIB
Tampilkan lebih banyak