Beredar Video Kondisi Rumah di Garut Selatan Rata dengan Tanah Pasca Gempa 6,4 Magnitudo, Begini Kebenarannya

Beredar video yang menunjukkan kondisi rumah di Garut Selatan rata dengan tanah pasca diguncang gempa.

Galih Prasetyo
Sabtu, 03 Desember 2022 | 18:24 WIB
Beredar Video Kondisi Rumah di Garut Selatan Rata dengan Tanah Pasca Gempa 6,4 Magnitudo, Begini Kebenarannya
Kondisi rumah warga di Garut Selatan pasca gempa 6,4 Magnitudo terjadi (Ist)

SuaraBogor.id - Sejumlah rumah yang disebut berada di wilayah Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat rata hancur lebur pasca gempa yang terjadi pada Sabtu (3/12) sore sekitar pukul 16:49 WIB.

Dalam video yang beredar di laman media sosial, tampak rumah hancur dan rata dengan tanah. Di caption pada video yang diunggah akun @OzzyTri, disebutkan bahwa hal itu efek dari gempa Garut sore ini.

"Dapet info dari temen saya posisi di bungbulang kab garut. Efek gempa yang terjadi tadi. Rumah rumah beberapa terkena dampak nya," tulis caption video tersebut.

Video yang sama kemudian diunggah oleh akun @NKRIndonesia79. Pada caption tertulis bahwa lokasi rumah yang hancur lebur dan rata dengan tanah itu berlokasi di Cisewu, Garut Selatan.

Baca Juga:Gempa Bumi Garut Berpotensi Tsunami? Video Sekitar Laut Rancabuaya Viral: Sing Ditangtayungan, Begini Penjelasan BMKG

"Mohon segera bantuan @HilmiFpi @DPP_LIP paska Gempa Garut sore ini. Video: Cisewu Garut Selatan, video asli," tulis caption video tersebut.

Namun belum dipastikan kebenaran dari video yang beredar ini. Sejumlah warganet menuliskan bahwa lokasi di video bukan berada di Garut, namun di Cianjur, saat terjadi gempa beberapa waktu lalu. 

Sementara itu, relawan gempa Cianjur mengaku merasakan getaran gempa Garut yang terjadi pada sore ini. Menurut mereka, getaran gempa sangat terasa di dalam ruangan.

"Gempa Garut cukup kencang dirasakan terlebih mereka yang berada di dalam ruangan, langsung berhamburan keluar ruangan, kami pikir gempa susulan kembali terjadi dengan lokasi Cianjur," ungkap Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana PMI Cianjur, Fajar Aciana mengutip dari Antara.

Menurut Fajar, saat gempa Garut terjadi, sejumlah relawan yang berada di Markas PMI Cianjur, berhamburan keluar.

Baca Juga:Gempa Garut Berkekuatan Magnitudo 6,4 Terasa Hingga Jogja dan Banjarnegara

Selanjutnya, ia langsung berkoordinasi dengan posko terpusat Pemkab Cianjur terkait dampak yang terjadi sekitar 10 detik tersebut.

"Kami masih melakukan koordinasi dan mengirim relawan ke lapangan untuk melakukan pendataan, semoga gempa Garut ini, tidak membuat warga Cianjur bertambah trauma," ungkap Fajar.

News

Terkini

Ia juga menyatakan siap mendukung dan memenangkan Iwan Setiawan di Pilkada 2024.

News | 16:20 WIB

Kemacetan terjadi karena telah banyak pengunjung yang berlalu lalang melintas ke lokasi maupun menyeberang jalan untuk sekedar jajan di pedagang pinggir jalan.

News | 22:42 WIB

Kerja sama ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengkses berbagai kebutuhan di bidang kesehatan.

News | 20:00 WIB

Kecelakaan itu menyebabkan jaur arah menuju Puncak macet total akibat kecelakaan tunggal.

News | 14:57 WIB

Mengutip dari Bogordaily -jaringan Suara.com, berikut ini Profil kades Wiwin Komalasari yang katanya dulunya artis saudara Barbie Kumalasari.

News | 14:36 WIB

Menurutnya, Kota Bogor telah melebihi target cakupan imunisasi campak 9-11 bulan yakni 96,56 persen, sedangkan yang ditargetkan sebesar 95 persen.

News | 11:54 WIB

RPJMD ditargetkan dapat selesai di 2024.

News | 21:04 WIB

Raperda ini diperlukan untuk memaksimalkan persiapan ibadah haji pun pelayanannya.

News | 20:53 WIB

Program yang dilaksanakan di awal tahun, tentunya akan lebih banyak memberi manfaat kepada masyarakat.

News | 16:36 WIB

Video detik-detik tabrakan mengerikan itu terjadi pada Minggu 29 Januari 2022.

News | 15:26 WIB

Untuk diketahui, tersangka pengemudi sedan mewah yang diduga menyebabkan seorang mahasiswi asal Cianjur meninggal dunia dalam kecelakaan yang melibatkan sedan mewah

News | 13:46 WIB

Dua pelajar jadi korban pembacokan yang terjadi di dua lokasi berbeda yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

News | 11:15 WIB

Bismo menjelaskan rasa takut dan resah yang berlebihan, justru dikhawatirkan mengganggu kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

News | 23:33 WIB

Salah seorang dari dua drummer Pas Band, Sandi Andarusman mengatakan, bahwa Pas Band ajak umat islam berhijrah menuju "Baitullah" melalui program "Spesial Umroh Hijrah Bersama

News | 18:37 WIB

Akibat gempa tersebut, di sejumlah jalur pendakian terjadi retakan termasuk di bibir kawan Gunung Gede, sehingga pendakian ditutup untuk menghindari hal yang tidak diinginkan

News | 23:05 WIB
Tampilkan lebih banyak