alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PFI Bogor Dapat Penghargaan APFI 2021, Hendi: Ini Milik Semua Anggota

Andi Ahmad S Kamis, 08 April 2021 | 22:36 WIB

PFI Bogor Dapat Penghargaan APFI 2021, Hendi: Ini Milik Semua Anggota
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan tropy pada Ketua PFI Bogor, Hendi Novian di Gedung Perpustakaan Nasional. [Kurniawan / APFI]

APFI 2021 kali ini dihadiri Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menko PMK, Muhadjir Effendi.

SuaraBogor.id - Ajang penghargaan bagi pelaku foto jurnalistik, untuk kesekian kalinya Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) kembali dilaksanakan, di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta pada Jumat (2/4/2021) kemarin.

APFI 2021 kali ini dihadiri Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menko PMK, Muhadjir Effendi, Ketua Pewarta Foto Indonesia Pusat, Reno Esnir serta para nominator.

Sebelumnya 4.400 karya foto dalam waktu dua pekan terkumpul dari seluruh fotografer se-Indonesia, meski masih dalam kondisi pandemi gelaran bergengsi tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

APFI merupakan ajang tertinggi yang diberikan Pewarta Foto Indonesia (PFI) sebagai apresiasi setinggi-tingginya kepada fotografer jurnalistik yang tak kenal lelah menjadi saksi sejarah dari setiap jepret waktu yang diabadikan.

Baca Juga: Kesaksian Ketua RT soal NF, Terduga Teroris yang Masuk DPO Densus 88

Dalam sambutannya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengingatkan peran penting karya foto serta Anugerah Pewarta Foto Indonesia sebagai apresiasi tertinggi yang diberikan organisasi profesi yang telah terverifikasi Dewan Pers.

"Selamat atas terselenggaranya anugerah ini, perlu kita ketahui foto memiliki banyak tafsir, tergantung sisi mana kita melihatnya. Foto bisa menjadikan kita satu bisa juga memecah belah. Maka dengan diberikannya penghargaan pada insan foto khususnya jurnalistik mampu memantik rekan rekan fotografer untuk bersama sama membangun negeri ini jauh lebih baik lagi melalui karya foto," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Suarabogor.id baru-baru ini.

Sementara itu, ditempat yang sama Menko PMK, Muhadjir Effendy, berpesan agar seluruh pewarta foto terus berkarya meski keadaan sedang tidak baik-baik saja.

“APFI adalah sebuah langkah penting yang patut dihargai. Karena foto memiliki kelebihan tersendiri dibanding narasi," ujar, Muhadjir Effendy.

Selain menyerahkan tropy Alex dan Frans Mendur kepada penerima Photo of The Year, kedua Menteri kabinet Indonesia Maju tersebut turut menyerahkan piala dan piagam kepada PFI Kota yang berprestasi, diantaranya PFI Medan yang diwakili Ketuanya Rahmat Suryadi sebagai penerima anugerah Best Management Award.

Baca Juga: Bahas Korupsi Bersama Pukat FH UGM, Anies Baswedan: Pemicunya Keserakahan

Sedangan Hendi Novian Ketua PFI Bogor menerima Best Performance Award. Kedua apresiasi tersebut bagian dari kategori PFI Kota Award, penghargaan baru untuk pengurus PFI daerah yang dinilai memiliki kontribusi dan prestasi yang baik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait