facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Merawat Kesehatan Mental Meski di Rumah Aja dengan 5 Cara Ini!

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar Rabu, 14 April 2021 | 14:16 WIB

Cara Merawat Kesehatan Mental Meski di Rumah Aja dengan 5 Cara Ini!
Ilustrasi: Cara Merawat Kesehatan Mental Meski di Rumah Aja dengan 5 Cara Ini! (Unsplash)

Berikut ini lima cara agar kesehatan mental terjaga meski harus di rumah aja.

SuaraBogor.id - Kesehatan mental sangat penting di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Pandemi sedikit banyak telah mengubah pola hidup masyarakat, sehingga kesehatan mental sangat berperan penting agar kuat menghadapi hidup di tengah pandemi.

Apa yang mesti dilakukan? Banyak yang bilang untuk meningkatkan kesehatan mental adalah dengan berpikir positif.  Dengan menghilangkan pikiran negatif, maka kita tengah berusaha tidak menyakiti diri sendiri.

Berikut ini lima cara agar kesehatan mental terjaga meski harus di rumah aja seperti yang dilansir dari Healthshots.

Ilustrasi Wanita Jatuh Cinta dengan Tas Koper (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi  (Pixabay/StockSnap)

Move on
Sebaiknya segera move on dari masalah dan kembali lanjutkan hidup. Tidak hanya masalah dengan orang terdekat maupun rekan kerja, tapi juga mantan kekasih. Faktanya, penelitian menunjukkan jika move on dilakukan dengan berolahraga secara teratur, dapat menurunkan risiko depresi dan kecemasan. Sehingga kegiatan ini juga meningkatkan kesehatan otak.

Baca Juga: 5 Manfaat Kebiasaan Bersyukur, Bisa Mencegahmu dari Rasa Iri!

Ubah rutinitas
Saat ini Anda memiliki rutinitas yang begitu-begitu saja, sehingga cenderung monoton. Coba ubah rutinitas harian maupun mingguan. Jika ingin mengubah rutinitas mingguan, terutama di hari libur, coba lakukan jenis olahraga baru. Tak hanya itu, Anda juga bisa membaca buku seharian di rumah, karena ini akan meningkatkan produktivitas sekaligus merawat kesehatan mental Anda.

Ngobrol dengan orang terdekat
Ngobrol dengan orang lain bisa melepaskan emosi dan beban yang ada di diri Anda. Bisa saja, teman terdekat memberi Anda solusi bagaimana ke depannya. Percayalah, ngobrol dengan orang lain tidak ada salahnya.

Non-aktifkan media sosial
Kecanduan bermain media sosial akan menimbulkan perasaan insecure. Apalagi jika melihat kesuksesan orang, hubungan romantis yang langgeng dan beruntung, juga kecantikan maupun ketampanan. Hal ini akan memengaruhi kesehatan mental. Bahkan lebih parahnya, bisa membandingkan diri dengan mereka. Mulai sekarang, segera non-aktifkan media sosial Anda.

Buat catatan harian
Coba mulai membuat catatan harian bukan hanya untuk pengeluaran uang, tapi juga melampiaskan emosi dan perasaan negatif Anda. Tak hanya itu, menulis catatan harian bisa mengasah kemampuan menulis Anda. Bahkan, bisa saja dibuat cerita maupun lirik lagu.

Baca Juga: Sandiaga Uno Pasang Badan Soal Pembukaan Bioskop di Tengah Pandemi Covid-19

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait