Surah Al Maidah Ayat 2: Larangan Balas Dendam dan Perintah Kebaikan

Surah Al Maidah Ayat 2 merupakan surat yang menjelaskan bahwa seorang muslim dilarang melakukan keburukan seperti balas dendam, melainkan diperintah untuk tolong menolong.

Nur Afitria Cika Handayani
Kamis, 10 Maret 2022 | 10:50 WIB
Surah Al Maidah Ayat 2: Larangan Balas Dendam dan Perintah Kebaikan
Ilustrasi al quran, Surah Al Maidah Ayat 2. (Freepik)

SuaraBogor.id - Surah Al Maidah Ayat 2 merupakan surat yang berjumlah 120 ayat. Surah Al Maidah Ayat 2 merupakan surat yang diturunkan di Mekkah sehingga disebut surat Makkiyah.

Surah Al Maidah Ayat 2 diturunkan setelah Rrasulullah SAW melaksanakan hijrah ke Madinah saat Haji Wada.

Asbabul Nuzul Surah Al Maidah Ayat 2 adalah Rasulullah SAW bersama sahabatnya berada di Hudaibiyah dan dihalangi oleh kaum Quraisy untuk pergi ke Baitullah.

Kemudian dari arah timur, ada orang musyrik yang ingin pergi ke Baitullah, kemudian sahabat Rasul berkata “Kita cegah mereka (orang-orang musyrik dari Timur) sebagaimana mereka (kaum kafir Quraisy) mencegah kita untuk pergi ke Baitullah”.

Baca Juga:Al Maidah Ayat 48: Bacaan Latin, Makna, dan Kandungan Surat

Oleh  karena itu, turunlah Surah Al Maidah Ayat 2 untuk melarang orang melakukan balas dendam. Mereka seharusnya tolong menolong.

Berikut lafal dan terjemahan Surah Al Maidah Ayat 2:

Y ayyuhallana man l tuill sya'`irallhi wa lasy-syahral-arma wa lal-hadya wa lal-qal`ida wa l mmnal-baital-arma yabtagna falam mir rabbihim wa riwn, wa i alaltum fad, wa l yajrimannakum syana`nu qaumin an addkum 'anil-masjidil-armi an ta'tad, wa ta'wan 'alal-birri wat-taqw wa l ta'wan 'alal-imi wal-'udwni wattaqullh, innallha syaddul-'iqb

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala'id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya.

Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka).

Baca Juga:Bacaan Doa Setelah Wudhu dari Hadits Riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.”

News

Terkini

Kerja sama ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengkses berbagai kebutuhan di bidang kesehatan.

News | 20:00 WIB

Kecelakaan itu menyebabkan jaur arah menuju Puncak macet total akibat kecelakaan tunggal.

News | 14:57 WIB

Mengutip dari Bogordaily -jaringan Suara.com, berikut ini Profil kades Wiwin Komalasari yang katanya dulunya artis saudara Barbie Kumalasari.

News | 14:36 WIB

Menurutnya, Kota Bogor telah melebihi target cakupan imunisasi campak 9-11 bulan yakni 96,56 persen, sedangkan yang ditargetkan sebesar 95 persen.

News | 11:54 WIB

RPJMD ditargetkan dapat selesai di 2024.

News | 21:04 WIB

Raperda ini diperlukan untuk memaksimalkan persiapan ibadah haji pun pelayanannya.

News | 20:53 WIB

Program yang dilaksanakan di awal tahun, tentunya akan lebih banyak memberi manfaat kepada masyarakat.

News | 16:36 WIB

Video detik-detik tabrakan mengerikan itu terjadi pada Minggu 29 Januari 2022.

News | 15:26 WIB

Untuk diketahui, tersangka pengemudi sedan mewah yang diduga menyebabkan seorang mahasiswi asal Cianjur meninggal dunia dalam kecelakaan yang melibatkan sedan mewah

News | 13:46 WIB

Dua pelajar jadi korban pembacokan yang terjadi di dua lokasi berbeda yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

News | 11:15 WIB

Bismo menjelaskan rasa takut dan resah yang berlebihan, justru dikhawatirkan mengganggu kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

News | 23:33 WIB

Salah seorang dari dua drummer Pas Band, Sandi Andarusman mengatakan, bahwa Pas Band ajak umat islam berhijrah menuju "Baitullah" melalui program "Spesial Umroh Hijrah Bersama

News | 18:37 WIB

Akibat gempa tersebut, di sejumlah jalur pendakian terjadi retakan termasuk di bibir kawan Gunung Gede, sehingga pendakian ditutup untuk menghindari hal yang tidak diinginkan

News | 23:05 WIB

Padahal, menurutnya untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity dari serangan campak yang bersumber dari virus, idealnya imunisasi masing-masing wilayah mencapai ang

News | 23:00 WIB

Iwan menyebut, dirinya tidak akan meminta untuk direkomendasikan menjadi salah satu calon dari Partai Gerindra untuk maju di Pemilihan Bupati (Pilbup) Bogor pada tahun 2024 na

News | 22:33 WIB
Tampilkan lebih banyak