alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Untuk Orang Meninggal, Khusus Jasad Lelaki dan Perempuan

Pebriansyah Ariefana Kamis, 14 Januari 2021 | 18:29 WIB

Doa Untuk Orang Meninggal, Khusus Jasad Lelaki dan Perempuan
Keluarga dan kerabat menandu jenazah Syekh Ali Jaber untuk dimakamkan di Pesantren Daarul Quran, Tangerang, Banten, Kamis (14/1/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Doa untuk orang meninggal wajib hukumnya bagi umat Islam agar segala dosa dan perbuatan ketika di dunia diampuni dan ditempatkan disisi Allah SWT.

SuaraBogor.id - Doa untuk orang meninggal. Setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi ini akan mengalami kematian.

Kematian merupakan salah satu takdir yang tidak diketahui kapan dan dimana yang akan dialami. Doa untuk orang meninggal, seringkali diucapkan ketika mendengar berita kematian.

Sebagai umat Islam hendaknya mendoakan ketika mendengar berita siapa saja yang meninggal. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda,“Apabila seseorang telah meninggal dunia, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR Muslim).

Doa untuk orang meninggal wajib hukumnya bagi umat Islam agar segala dosa dan perbuatan ketika di dunia diampuni dan ditempatkan disisi Allah SWT.

Baca Juga: Doa saat Merasa Takut

Dalam kitab Al-Adzkar an-Nawawi berbunyi, "Dari Ummu Salamah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: Ketika kalian menyaksikan orang sakit atau meninggal maka berkatalah yang baik. Sesungguhnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan." (H.R. Muslim).

Berikut merupakan bacaan doa untuk orang meninggal.

Doa untuk orang meninggal (laki-laki)

“Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar”

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

Baca Juga: Doa Agar Hati Tenang, Mengatasi Gelisah

Doa untuk orang meninggal (perempuan)

“Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.”

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

Demikian doa untuk orang meninggal yang dapat anda baca saat menerima kabar duka. Seperti ketika mengetahui Syekh Ali Jaber meninggal dunia.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait