facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Jaga Berat Badan Selama Puasa Ramadhan

Andi Ahmad S Selasa, 20 April 2021 | 16:25 WIB

Tips Jaga Berat Badan Selama Puasa Ramadhan
ILUSTRASI. Timbangan berat badan saat WFH. (Shutterstock)

Banyak disajikan saat buka puasa Ramadhan seperti gorengan, nasi, atau makanan penutup yang manis akan tersaji di meja.

SuaraBogor.id - Seluruh umat muslim di Indonesia saat ini melaksanakan puasa Ramadhan, Namun, selama berbuka puasa, biasanya ingin memakan makanan lezat.

Banyak disajikan saat buka puasa Ramadhan seperti gorengan, nasi, atau makanan penutup yang manis akan tersaji di meja. Hal itu menyebabkan berat badan bertambah yang pada akhirnya dikeluhkan.

Dilansi dari Ayobandung.com -jaringan Suara.com, ahli Gizi Klinis di Healthbay Clinic Dubai Sara Abdelghany mengatakan, dengan mengikuti tips sederhana pola makan selama Ramadhan, penambahan berat badan selama Ramadhan dapat dihindari sehingga memungkinkan semua orang menikmati bulan suci.

Berikut ini 10 tips menjaga berat badan selama Ramadan.

Baca Juga: Es Kuwut Khas Bali, Minuman Segar Cocok untuk Berbuka Puasa

1. Pastikan mengonsumsi protein dan sayuran dalam porsi yang baik serta karbohidrat kompleks dalam jumlah sedang selama buka puasa dan sahur.

2. Hindari makanan yang digoreng sebisa mungkin. Sebagai gantinya, makanan pembuka dan kue panggang oven untuk membatasi jumlah minyak yang dikonsumsi.

3. Hindari membangun kalori melalui minuman, seperti jus, minuman Ramadhan populer, dan minuman ringan.

4. Hindari terlalu banyak makan kurma, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Meski sehat, mereka tetap tinggi kalori.

5. Hindari makan berlebihan hingga kekenyangan.

Baca Juga: Kapan Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah?

6. Pastikan setidaknya 70 persen camilan yang dimakan sehat. Manjakan diri dengan makanan penutup, tetapi batasi jumlah makanan manis yang dimakan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait