facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Qunut, Mulai dari Bacaan, Pengertian hingga Hukumnya

Pebriansyah Ariefana Rabu, 15 Desember 2021 | 17:36 WIB

Doa Qunut, Mulai dari Bacaan, Pengertian hingga Hukumnya
Ilustrasi doa, berdoa, wanita muslim berdoa, islam (elemen envato)

Namun, karena perbedaaan pandangan dari berbagai ulama, membaca doa qunut sholat fardhu masih menjadi perdebatan.

SuaraBogor.id - Doa qunut merupakan amalan sunnah yang dibaca saat rakaat terakhir pada setiap sholat fardhu. Namun, karena perbedaaan pandangan dari berbagai ulama, membaca doa qunut sholat fardhu masih menjadi perdebatan.

Oleh karena itu, umumnya, doa qunut biasanya dibaca pada sholat subuh atau sholat witir di 15 malam terakhir pada bulan Ramadhan.

Doa qunut subuh, biasanya dibaca saat melakukan sholat secara berjamaah. Biasanya imam akan mengeraskan suara dan membaca doa qunut subuh yang diaminin oleh makmum.

Doa qunut subuh dibaca pada rakaat terakhir, diantara rukuk dan sujud. Lalau bagaimana cara melafalkan bacaan doa qunut?

Baca Juga: Bacaan Doa setelah Sholat Fardhu, Lengkap dengan Lafal Latin dan Artinya

Berikut bacaan doa qunut subuh beserta pengertian dan hukumnya.

1. Bacaan Doa Qunut Subuh

Allahummahdini fi man hadait, wa ‘afini fi man ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barikli fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man walait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’ala ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shabihi wa sallam

Artinya : “Ya Allah tunjukanlah kepada sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan.

Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka, sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hokum. Maka, sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha suci Engkau wahau Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Salah Subuh Lengkap dengan Artinya

2. Pengertian Doa Qunut

Secara etimologi kata Qunut berasal dari bahara arab yang memiliki beberapa makna, diantaranya berdiri lama, diam, selalu taat, tunduk, doa dan khusyuk. Sedangkan secara istilah qunut adalah doa yang dibaca seorang muslim dalam sholat.

3. Hukum Doa Qunut

Terdapat tiga perbedaan pendapat para ulama sebagai berikut :

Pendapat Pertama : Qunut Subuh disunnahkan dibaca secara terus-menerus. Ulama yang berpendapat demikian adalah Malik, Ibnu Abi Laila, Al-Hasan bin Sholih dan Imam Syafi’i.

Pendapat Kedua : Qunuta subuh tidak disyariatkan karena sudah mansukh atau terhapus hukumnya. Ulama yang berpendapat demikian adalah Abu Hanifah, Sufyan Ats-Tsauri dan lain-lainnya dari ulama kufah.

Pendapat Ketiga : Membaca Qunut pada saat sholat subuh tidaklah disyariatkan kecuali membaca Qunut Nazilah maka boleh membaca Qunut nazilah dalam sholat subuh dan sholat lainnya. Ulama yang berpendapat demikian adalah Imam Ahmad, Al-Laits bin Sa’d, Yahya bin Al- Laitsy.

Demikianlah penjelasan tentan doa qunut, mulai dari bacaan hingga pengertian dan hukumnya.

Kontributor : Raditya Hermansyah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait