facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bima Arya Sebut Ridwan Kamil Calon Terbaik Pilpres 2024, PAN Siap Beri Karpet Biru

Andi Ahmad S Rabu, 26 Januari 2022 | 09:46 WIB

Bima Arya Sebut Ridwan Kamil Calon Terbaik Pilpres 2024, PAN Siap Beri Karpet Biru
Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Gubernur Ridwan Kamil saat meresmikan Alun-alun Kota Bogor sebelum meresmikan Kampung Perca. (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

"Ya seperti saya sampaikan, menurut saya pribadi menilai Kang Emil adalah yang terbaik dari pilihan yang ada," kata Bima Arya di Kota Bogor.

SuaraBogor.id - Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi menyebutkan Ridwan Kamil memiliki kedekatan dengan PAN dan kecocokan visi-misi, sehingga PAN menganggap Emil sudah seperti keluarga sendiri.

"Menurut saya Kang Emil itu rasanya at home apabila berada di lingkungan PAN karena kita sudah anggap sebagai saudara sendiri," kata Viva Yoga.

Viva mengungkapkan PAN melirik Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat atas hasil beberapa hasil lembaga survei dengan popularitas dan elektabilitas yang cukup bagus untuk berkompetisi di Pilpres 2024.

"Ini menjadi modal untuk Kang Emil untuk berkiprah dalam proses politik selanjutnya," ujar Viva Yoga.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang biasa dipanggil Kang Emil merupakan calon terbaik dalam pemilihan presiden (pilpres 2024).

"Ya seperti saya sampaikan, menurut saya pribadi menilai Kang Emil adalah yang terbaik dari pilihan yang ada," kata Bima Arya di Kota Bogor.

Menurut Bima, Emil memiliki pengalaman panjang di dalam pemerintahan dibarengi dengan kecakapan manajemen pembangunan dan wawasan kebangsaan yang kuat.

Hanya saja, kata Bima, Ridwan Kamil yang terkenal membangun tata ruang kota di Kota Bandung dan dekat media komunikasi sosial yang gandrung di kalangan anak-anak milenial itu belum bergabung dengan partai politik hingga kini.

Dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 tentang pemilihan umum presiden dan wakil presiden pasal 1 ayat 6 menyatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden selanjutnya disebut pasangan calon adalah peserta pemilu presiden dan wakil presiden yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang telah memenuhi persyaratan.

"Jadi kurangnya hanya satu, belum menjadi bagian dari partai politik," ujarnya.

Sebelumnya, Bima menuturkan dalam Workshop Nasional PAN di Bali November 2021, Ridwan Kamil masuk dalam bursa calon presiden 2024, bersama tokoh lain yakni Anies Baswedan, Erick Thohir, Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa.

Kelimanya masuk bursa PAN karena menduduki puncak survei-survei pilpres 2024.

Namun, kata Bima, PAN pun masih terbuka menjalin komunikasi dengan partai lain dalam menentukan calon yang tepat dalam pertarungan politik tersebut.

Sementara itu, dalam wawancara peresmian Alun-alun Kota Bogor pada Jumat, 17 Desember 2021 Ridwan Kamil pun mengaku terbuka atas dukungan warga yang mengiginkannya maju dalam Pilpres 2024.

Namun Emil mengaku menunggu partai politik meminangnya, karena kalau ragu-ragu ia lebih memilih menjadi petahana Gubernur Jawa Barat.

"Terima kasih atas dukungannya, saya nunggu ada partai politik yang meminang, kalau tidak pasti mending saya yang pasti-pasti saja," katanya.

Sinyal politik dari PAN pun yang merupakan partai tempat sahabatnya, yakni Bima Arya bernaung mulai terbuka bagi Ridwan Kamil.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait