facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puskesmas Cikalongkulon Cianjur Terbakar, Pasien dan Nakes Berhamburan ke Luar

Hairul Alwan Sabtu, 06 Agustus 2022 | 13:39 WIB

Puskesmas Cikalongkulon Cianjur Terbakar, Pasien dan Nakes Berhamburan ke Luar
Puskesmas Cikalongkulon terbakar, Sabtu (6/8/2022). [IST]

Kepala Puskesmas Cikalongkulon, Budi mengatakan, api pertama kali muncul dari gedung farmasi yang ada di bagian belakang.

SuaraBogor.id - Puskesmas Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat terbakar, Sabtu (6/8/2022) pagi sekira pukul 06.00 WIB. Insiden kebakaran itu membuat sejumlah pasien pelayanan kesehatan dan rawat inap serta tenaga kesehatan (Nakes) sempat panik dan berhamburan ke luar rumah sakit.

Untungnya, insiden kebakaran itu tidak menyebabkan korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Puskesmas Cikalongkulon, Budi mengatakan, api pertama kali muncul dari gedung farmasi yang ada di bagian belakang.

"Kobaran api berasal dari gedung farmasi, kemudian merembet ke bagian depan gedung pelayanan. Tidak ada korban jiwa," kata Budi, kepada awak media.

Baca Juga: Bogor Canangkan Halal Food Station, Investasi Mencapai Rp300 Miliar

Namun, sulitnya sumber air, menjadi kendala petugas pemadam kebakaran (Damkar) dan warga setempat untuk melakukan pemadaman api. Selain itu tenaga kesehatan dan pasien rawat inap di puskesmas sempat panik dan berhamburan ke luar ruangan.

"Ada beberapa pasien rawat inap, tapi sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Memang sempat terjadi kepanikan, karena kobaran api sangat cepat menjalar ke sejumlah bagian gedung," jelasnya.

Budi mengungkapkan, satu unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk melakukan pemadaman api.

"Kita masih membutuhkan banyak mobil damkar untuk pemadaman api. Karena, kobaran api sangat cepat membesar dan membakar bangunan puskesmas," ujarnya.

Pihaknya mengatakan, belum dapat memastikan penyebab utama terjadinya kebakaran di fasilitas kesehatan itu.

Baca Juga: Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Dites Urine, ASN Diminta Segera Menyusul

"Penyebab kebakaran masih belum tahu, kita masih fokus pada penanganan pemadaman api supaya tidak menjalar ke bangunan lain yang ada disekitarnya," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait