facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hakikat Doa Qunut: Lafal Latin, Keutamaan, dan Terjemahan

Nur Afitria Cika Handayani Rabu, 22 Desember 2021 | 15:00 WIB

Hakikat Doa Qunut: Lafal Latin, Keutamaan, dan Terjemahan
Ilustrasi salat. (Pixabay)

Berikut bacaan doa qunut subuh maupun doa qunut nazilah.

SuaraBogor.id - Doa Qunut merupakan doa yang dibaca oleh umat muslim selepas rukuk pada sholat. Qunut artinya berdiri lama, taat, tunduk, khusyuk, diam.

Secara istilah, qunut merupakan doa yang dibaca seorang muslim saat sholat ketika berdiri. Salah satu shalat yang disunahkan membaca doa qunut adalah Shalat Subuh.

Imam Syafi’e berpendapat doa qunut hukumnya sunnah muakkad yakni sunah yang dianjurkan dan hukumnya hampir mendekati wajib.

Jika seseorang lupa, orang tersebut disunatkan membaca sujud sahwi. Meski begitu, shalat subuh tanpa qunut pun tetap sah.

Baca Juga: Doa Qunut, Mulai dari Bacaan, Pengertian hingga Hukumnya

Terdapat pendapat lain mengenai hukum doa qunut. Pendapat lainnya disampaikan oleh Ibnu Abi Laila, Al Hasan bin Sholih dan Imam Syafi’i.

Mereka mengatakan bahwa qunut dapat dibaca terus menerus. Pendapat lainnya, qunut subuh tidak disyariatkan karena sudah terhapus hukumnya.

Pendapat ini disampaikan oleh Sufyan Ats-Tsauri, Abu Hanifah, dan lainnya. Pendapat selanjutnya disampaikan oleh Imam Ahmad, Al Laits bin Sai’d, Yahya bbin Yahya Al Laitsy, membaca qunut pada shalat subuh tidak disyariatkan kecuali qunut nazilah dalam shalat subuh dan shalat lainnya.

Pembacaan qunut dapat dilakukan pada dua jenis qunut yakni qunut subuh dan qunut nazilah. Qunut subuh dibaca saat shalat subuh I’tidal rekaat terakhir.

Ilustrasi salat. (Pixabay)
Ilustrasi salat. (Pixabay)

Qunut nazilah dibaca selain saat shalat subuh tapi bisa juga dibaca saat shalat subuh.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Salah Subuh Lengkap dengan Artinya

Doa qunut diutamakan sebagai bentuk permohonan perlindungan terhadap mara bahaya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait